Perubahan All New Toyota Rush yang Membuatnya Pantas Dibeli

Toyota Rush generasi pertama memiliki siklus hidup tergolong panjang. Lahir pada 2006 dan beregenerasi akhir 2017, menandakan eksistensi yang sangat diterima konsumen Indonesia. Selama masa tersebut, Rush mengalami beberapa penyegaran, tidak hanya dari tampilan, juga pada fitur. Namun seiring berjalannya waktu, evolusi yang terjadi harus diakhiri oleh revolusi total. Maka terlahirlah All New Toyota Rush hampir setahun yang lalu.

Sebelum model baru ini meluncur, rasa penasaran yang terbangun amatlah besar. Foto spy shot langsung viral di dunia maya. Desain rekaan yang bersifat spekulatif pun banyak bertebaran. Yang pasti, mobil ini sangat ditunggu-tunggu. Peluncuran generasi kedua pun menjadi babak baru kesukesan Toyota Rush. Buktinya saja sudah terlihat sekarang. Rush masih menjadi Low SUV terlaris yang membuat calon konsumen harus rela inden untuk mendapatkannya.

Tak lain karena memang membawa perubahan yang signifikan dari generasi terdahulu. Membuatnya sangat layak untuk dibeli bagi yang ingin upgrade dari Rush lama, atau konsumen baru yang butuh SUV 7-seater handal. Lantas, apa saja perubahan yang membuat Rush terbaru ini pantas dibeli?

Eksterior

Pembaruan pada desain eksterior amatlah dramatis. Rancangan SUV konservatif dengan letak ban serep di belakang, beralih ke desain modern nan atraktif. Pola bodi streamline dengan banyak memanfaatkan garis-garis tajam, lebih masuk ke mayoritas selera konsumen. Walau tampil modis, kesan gagah tetap tersirat tidak menghilangkan karakter SUV tangguh.

Rancangan baru desain eksterior menyebabkan dimensi ikut berubah. Sekarang bertambah panjang 15 mm (4.435 mm), tapi lebarnya berkurang 50 mm (1.695 mm) dan lebih rendah 35 mm (1.705 mm). Menandakan bodi Rush tetap kompak untuk berkendara di tengah kepadatan lalu lintas. Wheelbase masih sepanjang 2.685 mm karena memakai sasis Rush lama. Justru ground clearance semakin tinggi menjadi 220 mm (sebelumnya 200 mm). Merupakan faktor penting sebagai SUV, untuk melewati berbagai kondisi jalan. Khusus varian TRD Sportivo memakai pelek 17-inci, sementara tipe G 16-inci.

Interior

Desain dasbor berubah total dan tampil lebih mewah. Elemen itu didapat dari penggunaan material terlapisi kulit dan aksen jahitan. Kesan modern berasal dari panel instrumen berwarna yang membuatnya tidak tampak mononton. Terlebih lagi model AC yang kini dengan tampilan layar digital agar mudah terpantau. Kepraktisan lebih diutamakan dengan banyaknya area tempat penyimpanan bertebaran di seantero kabin.

Tidak seperti Rush lama yang tersedia dalam konfigurasi 5-seater untuk varian G, model baru seluruhnya 7-seater. Penambahan dimensi panjang turut menambah luas kabin. Terutama untuk baris ketiga yang lebih nyaman diduduki orang dewasa. Bagasinya pun bertambah luas karena ruangnya tidak dibatasi untuk tempat ban serep. Akses ke belakang dipermudah metode pelipatan kursi yang hanya melalui satu tuas.

Fitur

Kelengkapan fitur menjadi ubahan paling signifikan selain desain eksterior maupun interior. Mulai dari luar, All New Toyota Rush sudah memakai headlamp LED dengan pencahayaan maksimal dan hemat energi. Lampu belakang juga LED dengan tambahan fitur keselamatan Emergency Brake Signal (EBS).

Masuk ke dalam tidak perlu menekan tombol remot lagi. Cukup kantongi, dekati mobil dan tekan tombol hitam di gagang pintu. Menyalakan mesin juga tanpa perlu anak kunci. Dipermudah fitur keyless ignition berupa tombol start/stop engine. Di tengah dasbor, terpampang pusat layar monitor berukuran 7-inci dengan dukungan berbagai fitur dan koneksi. Bisa memutar DVD, pairing Bluetooth, konektivitas dengan iPod/iPhone, mirroring dengan Miracast dan tersambung langsung ke internet. Power outlet tersedia di semua baris (khusus TRD Sportivo) untuk mengisi baterai smartphone Anda.

Paling jauh meningkat dari Rush baru ini ada pada fitur keselamatannya. Model lama cuma mengandalkan dual airbag dan Antilock-Braking System (ABS). Sekarang ada 6 airbag plus peranti safety modern seperti: Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan indikator seat belt 7 titik.

Mesin

Teknologi terkandung di dalam mesin juga baru. Seri 2NR-VE 4-silinder dengan kapasitas tetap 1,5-liter, ditopang sistem katup variabel dual VVT-i. Tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm tidak lebih besar dari Rush sebelumnya. Namun apa yang kami rasakan, performanya tidak berubah dan masih bertenaga. Karakter penyalurannya sedikit berbeda. Kini kehalusannya lebih baik, pemerataan tenaga dan torsi di tiap putaran mesin serta perbaikan efisiensi bahan bakar. Pilihan transmisi masih sama, manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Pengendaraan dan Pengendalian

Rush baru lebih nyaman dari sisi bantingan suspensi. Namun tetap menghadirkan cita rasa sebuah SUV dengan karakter yang kaku. Keuntunganya ada pada saat harus melibas medan off-road. Kestabilan turut didapat saat melaju kencang di jalan tol.

Untuk pertama kalinya, Rush menggunakan peranti canggih penunjang pengendaraan, Vehicle Stability Control (VSC). Dengan sistem terintegrasi dengan rem dan sensor yang terus membaca sudut kemudi, komputer dapat mengkalkulasi kondisi untuk memberi dukungan pada gas serta rem agar mudah dikendalikan.

Sistem ini membantu pengemudi ketika melaju dengan manuver ekstrem. Alhasil mengemudikan Rush lebih mengasyikkan dari sebelumnya. Caster angle di keempat sudut disetel ulang. Inilah yang menyebabkan Rush terasa lebih enak dikendarai dan dikendalikan. (ADV)

Sumber : oto.com

Author: DigitalStudio.ID
1

Tinggalkan Balasan

ADI PUTRA H., SE.

Senior Sales Executive

No. Handphone :

No. WhatsApp :

Email :

Pengunjung :




Pengunjung :




Miliki segera mobil toyota terbaru dan dapatkan harga & promo menarik hari ini.